PMS datang badai mengguncang

Kata kunci:
Pre Menstrual Syndrome, Pre Menstrual Tension, Pre Menstrual Dysphoric Disorder

Kode ICD.10: N94.3 Premenstrual Tension Syndrome

Pre Menstrual Syndrome (pms)Pre Menstrual Syndrome, selanjutnya disingkat pms, bukan Penyakit Seksual Menular (kata pak fertob yang psikolog), mau tidak mau dihadapi oleh para pria saat berdekatan dengan wanita (tidak semua sih) yang mengalaminya, dengan berbagai bentuk “badai” (lagi-lagi meminjam istilah pak fertob, halo pak).

Bukankan para pria berdekatan dengan wanita dalam kesehariannya ?

Wanita dimaksud bisa istri, pacar, teman (teman apa aja), saudari, anak, ibu, murid, guru, mahasiswi, dosen, atasan, bawahan dan sebagainya sepanjang wanita tersebut dalam masa reproduksi.

PMS…hiiiy

Iklan

cantik-cantik PANU an

PanuYang ngomong bukan penulis. Hanya mengutip omongan orang lain !!!

Sepasang muda-mudi masuk ruang praktek sambil senyam-senyum.
Pikiran paling-paling mau konsultasi imunisasi TT (tetanus toxoid) pranikah. Teryata tidak.

Setelah mereka duduk, si gadis memulai dialog: (terjemah dari bahasa daerah)

Gadis: “pak, saya gatal sudah 2 minggu lebih, awalnya di leher, sekarang sudah menyebar”.
Penulis: “sudah minum obat apa saja ?”
Gadis: “macam-macam, padahal sudah tidak makan telor, ayam dan ikan. Tetap gatal, tambah banyak “.

Adegan selanjutnya, periksa.

Emang iya, panu 🙂

Ketika Menstruasi Berkepanjangan

ada saatnya menstruasi tak lagi kompromi
Betapa gelisahnya ketika seorang wanita mengalami menstruasi tidak seperti biasanya. Bayangkan, ketika darah haid menetes (mengalir) melebihi bilangan minggu, bahkan lebih sebulan. Bagaimana kegundahannya ? Tanyakan rasanya …

Kata kunci:
Menometrorrhagia, menorrhagia, metrorrhagia, Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB).
Kode ICD.10 (International Statistical Classification of Diseases):
N92: Menstruasi berlebihan dalam jumlah banyak, berulang dan tidak teratur. Tidak termasuk: postmenopausal bleeding (N.95.0)
Varian: N.92.0-N.92.6 . Sila lihat kodenya di sini.

Haid koq gak mampet-mapet sih

nge Blog jangan lupa jaga kondisi

obrolan ringan: nge-Blog ya nge-Blog, jangan lupa jaga kondisi

Berselancar di dunia maya adakalanya membuat lupa saking asyiknya.
Kenikmatan ber-internet sulit dijelaskan kepada orang yang tidak pernah mengalaminya. Tak heran jika peselancar internet, khususnya para blogger menerima cemoohan dari teman, atau siapapun karena kegiatan berinternet dianggap tidak berguna.

Saking asyiknya, leher kaku

Ungkapan dokter yang tak menyenangkan

P r o l o g

Tulisan ini dimaksudkan menghimpun ungkapan-ungkapan dokter atau petugas kesehatan lain yang menakutkan mencemaskan pasien dan atau keluarganya.

Sebagian sudah penulis himpun berdasarkan pengakuan para pasien. Mungkin tidak seluruhnya benar alias subyektif dan sudah dipersedap bumbu-bumbu versi pasien, mungkin juga memang benar sesuai penuturan pasien.

Bla…bla…bla

Vertigo , bumi serasa berputar

Tiba-tiba !!!

Bumi serasa berputar
Lantai seolah tak dapat dipijak
Kepala bagai bergoyang
Benda-benda berterbangan
Mual tak dapat ditahan
Keringat dingin bercucuran
Lemas, lunglai, tiada daya
Derita tak tertahankan
Ada apa gerangan ?

Seperti itulah kira-kira gambaran umum yang dirasakan seseorang penderita vertigo. Keren tuh namanya ! Emang iya, rangkaian kalimat di atas adalah sekumpulan gejala yang dinamakan VERTIGO.

duh, tersiksa deh…

Keputihan : ih risih

versi posting

Tulisan ini adalah ulangan versi flash dalam bentuk posting.
Artikel seputar keputihan cukup banyak bertebaran di mana-mana termasuk di dunia maya. Namun demikian penulis merasa perlu mengangkat lagi kasus ini dari sisi yang tidak terlalu menakutkan sekaligus tidak menyepelekan.
Judul di atas merupakan salah satu ungkapan penderita yang mengeluh keputihan dengan èmbèl-èmbèl berbagai ungkapan.

Bagi kebanyakan kaum hawa, keputihan bagai momok yang sangat menakutkan.
Ketika mengalaminya, mereka (para wanita) menjadi resah, risih, merasa bersalah, nggak pede dan perasaan gundah lainnya , tapi ada juga sih yang cuek. So diam-diam mereka mencari info, bisa dari majalah, tabloid, iklan, teman, tetangga, forum tanya jawab dunia maya dll.

Koq ga periksa, nape?