nge Blog jangan lupa jaga kondisi

obrolan ringan: nge-Blog ya nge-Blog, jangan lupa jaga kondisi

Berselancar di dunia maya adakalanya membuat lupa saking asyiknya.
Kenikmatan ber-internet sulit dijelaskan kepada orang yang tidak pernah mengalaminya. Tak heran jika peselancar internet, khususnya para blogger menerima cemoohan dari teman, atau siapapun karena kegiatan berinternet dianggap tidak berguna.

Hiks, blogger oh blogger

Ketika merasakan nikmatnya menulis, indahnya berinteraksi, berkerutnya jidat memahami makna tulisan, mengunjungi sesama blogger, blogwalking, gerilya mencari referensi, waktupun seakan singkat, tak terasa.
Penulis tak hendak mengungkap kegiatan di atas. Yang ingin penulis sampaikan adalah masalah kebugaran agar rangkaian kegiatan di kantor, di kampus atau di manapun tetap terjaga kendati masih ditambah nge-Blog.

Selagi masih sehat, tak ada salahnya kita pelihara anugerah gratisan tersebut dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Makan dan minum seimbang. Ukuran makanan setiap orang tidak sama, demikian pula jenisnya. Yang perlu diperhatikan adalah membatasi makanan yang berpotensi menjadi penyakit, misalnya makanan dengan kandungan kolesterol tinggi (jeroan, udang, kerang, melinjo, kacang tanah dan sejenisnya). Bukannya sama sekali nggak boleh lho. Sekali lagi membatasi. Hindari pula minuman ber-alkohol, bisa kan?
  • Cukup istirahat. Inipun tidak sama setiap orang, ada yang merasa bugar kembali setelah tidur 6 jam, ada pula yang merasa nyaman setelah tidur 5 jam dan seterusnya. Tidak ada angka empiris terkait kecukupan jam tidur seseorang. Tetapi jangan terlalu lama ya, nanti malah malas bangun. Lama ? Ya, misalnya tidur sampai 10 jam, badan malah jadi lemas kebanyakan tidur. Sebagai gambaran, penulis tidak pernah tidur lebih dari 4-5 jam dalam sehari semalam. Itupun tidak sekaligus, biasanya habis subuh sekitar 1 jam dan setelah asar sekitar 2 jam, kadang malam 1-2 jam. Sekali lagi tidak ada ketentuan khusus, setiap orang bebas memilih waktu dan lamanya jam tidur.
  • Olah raga sesuai kemampuan dan minat. Yak, sempatkan berolah raga ringan dimanapun kita berada. Waktunya bebas, yang penting tidak mengganggu kewajiban utama. Sebagai contoh, penulis push-up dan sit-up setiap hari rata-rata 20-25 kali. Para blogger bebas menentukan pilihan. Lari kecil pagi hari, bersepeda, jalan cepat, atau yang lain dipersilahkan, asalkan dapat menjaga kebugaran.
  • Bersosialisasi dengan warga sekitar. Di sela-sela kesibukan aneka ragam aktifitas, hendaknya kita tidak lupa menjalin hubungan dengan tetangga, kerabat, teman. Media untuk sosialisasi bebas, tidak harus melalui perkumpulan, himpunan atau semacamnya. Kadang bertatap muka sejenak sudah sangat bermakna.
  • Tamasya atau refreshing juga penting untuk mengurangi kepenatan fisik maupun psikis. Tempat dan waktunya bisa disesuaikan dengan minat masing-masing. Ada yang senang berburu buku sebagai bentuk refreshing, ada yang senang mengarungi alam, adapula yang nonton film dan seterusnya.
  • Bercengkerama bersama orang dekat. Sesibuk apapun, alangkah indahnya jika tersedia waktu untuk orang-orang dekat. Bagaimana jika tidak atau belum punya teman dekat ? Cari dong …

Penulis yakin para blogger mampu membagi waktu, tenaga dan pikiran antara nge-Blog dan aktifitas lainnya secara seimbang.

Akhirnya: jaga kesehatan, jaga ngeblog, jaga semuanya.

catatan:
Bagi teman-teman blogger yang ingin mengetahui lebih lanjut seputar gizi seimbang, sila kunjungi:
Indonesian Nutrition Network

Posting asli di sini

 

%d blogger menyukai ini: